Gandeng Anggota DPR, Karantina Pertanian Semarang Gelar Bimtek Petani Milenial

Pati – SobatQ, kali ini Karantina Pertanian Semarang menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) petani yang digelar di Hotel New Merdeka, Pati bersama DPR RI dan Chief Executive Officer (CEO) Ayomart, star up pemasaran komoditas pertanian di Jawa Tengah (10/11). Bimtek diikuti oleh petani muda di wilayah Pati dan sekitarnya.

Firman Subagyo selaku anggota DPR mengatakan bahwa ekspor sangat penting seiring dengan globalisasi ekonomi saat ini, perlu pengelolaan dengan baik terhadap sumber daya alam Indonesia yang tidak dimiliki negara lain.

“Karantina pertanian sebagai garda terdepan dalam melindungi sumber daya alam. Pendidikan sangat diperlukan untuk beradaptasi mengenal arti karantina, aturan ekspor, teknologi sehingga mampu berinovasi merespon pasar bebas,” kata Firman

Parlin Robert Sitanggang selaku Kepala Karantina Pertanian Semarang menambahkan bahwa Dalam kesempatan ini kami akan memaparkan secara rinci dasar hukum, tupoksi, tindakan karantina, program gratieks, imace, capaian gratieks, prosedur karantina ekspor, persyaratan karantina, kewajiban tambahan, dan penanganan ekspor.

“Melalui pemaparan ini para petani millenial yang tidak tahu karantina akan menjadi tahu dan yang sudah kenal akan semakin memahami, sehingga rekan semua bisa adaptif terhadap perkembangan perkarantinaan, teknologi, kreatif dan inovatif,” ujar Parlin

Endah Sri Wahyuning Ati selaku anggota DPRD Pati Yng turut hadir menambahkan bahwa hari ini memperingati Hari Pahlawan, menjadi momen penting bagi petani sebagai pejuang pertanian. Masalah seperti ketakutan, terbatasnya pengetahuan dan rendahnya inovasi teknologi perlu dihilangkan.
“Peran petani milenial diperlukan untuk peningkatan ekspor pertanian. Kami terus berkomitmen mendorong petani muda menjadi berkualitas, berintektual dan tanpa batas di era digital, ” pungkas Parlin.

Sebagai pembicara akhir, Jatu Bamarwati selaku CEO Ayomart mengajak petani muda untuk tetap semangat menghadapi tantangan global dan memberikan kiat khusus menembus pasar internasional. Menurutnya pertanian itu semakin ditekuni, akan semakin menggairahkan.

SobatQ, Sektor pertanian memberikan andil besar dan menjadi penopang perekonomian nasional pada saat sektor lain dalam kondisi terpuruk selama masa pandemi. Hal ini menjadi peluang menggerakan petani muda untuk lebih produktif.

#Gratieks 🐕🍅
#KarantinaPertanianSemarang

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*