Pastikan Sehat, Cengkeh Jateng Siap Berlayar Ke Kota Sakura

Semarang (17/12). SobatQ, cengkeh sangat berlimpah tersebar di berbagai daerah di Jawa Tengah. Produk pertanain ini memiliki peluang ekspor cukup besar dan perlu dikembangkan sehingga nantinya dapat memasok pasar bebas secara rutin dan berkelanjutan.

Sebanyak 7 ton cengkeh senilai hampir 1,5 milyar dilakukan serangkaian tindakan karantina untuk memenuhi persyaratan negara tujuan. Hingga kini cengkeh Jawa Tengah masih menjadi primadona pasar dunia.

Heri Setiyoko selaku Pejabat Karantina melakukan pemeriksaan fisik dan kesehatan terhadap cengkeh sebelum dikirim ke Jepang. Hasil pemeriksaan diketahui bahwa komoditas tersebut bebas dari target Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina.

Parlin Robert Sitanggang selaku Kepala Karantina Pertanian Semarang mengatakan bahwa karantina pertanian memiliki peran startegis untuk menjamin kesehatan dan keamanan produk pertanian diterima di negara tujuan, dengan menerbitkan Phytosanitary Certificate.

Cisilia Triwidiyanti selaku Sub Koordinator Substansi Karantina Tumbuhan mengatakan bahwa petani cengkeh selalu didukung mengoptimalkan budidayanya untuk menghasilkan cengkeh berkualitas, berdaya saing dan menguasai pasar ekspor dibelahan dunia.

#Gebyarekspor
#Gratieks🐕🍅
#KarantinaPertanianSemarang

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*