VISI DAN MISI

VISI DAN MISI KARANTINA SEMARANG

VISI

Menjadi Instansi yang Tangguh dan Terpercaya dalam Perlindungan Kelestarian Sumber Daya Alam Hayati, Hewani dan Nabati serta Keamanan Pangan Segar di Provinsi Jawa Tengan dan sekitarnya.

MISI

  1. Melaksanakan Perkarantinaan Hewan dan Tumbuhan untuk Melindungi Kelestarian Sumber Daya Alam Hayati, Hewani dan Nabati serta Keamanan Pangan Segar di Provinsi Jawa Tengan dan sekitarnya.
  2. Mendukung Terwujudnya Keamanan Pangan di Provinsi Jawa Tengah dan sekitarnya.
  3. Meningkatkan Citra dan Kualitas Pelayanan Publik.
  4. Memfasilitasi Perdagangan dalam rangka Akselerasi Ekspor Komoditas Pertanian di Provinsi Jawa Tengah dan sekitarnya.

MOTTO

“BERSAMA ANDA MELINDUNGI NEGERI”

KEBIJAKAN MUTU LAYANAN

Kami bertekad untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan publik guna mewujudkan pelayanan prima menuju “Good Govermentdan Clean Governance” dengan:

  1. Meningkatkan komitmen dari pimpinan dan seluruh pegawai;
  2. Menjadi contoh keteladanan untuk sesama;
  3. Bertindak secara profesional;
  4. BerintegritasI tinggi; dan
  5. Disiplin dalam setiap kegiatan.

MAKLUMAT PELAYANAN

“Dengan ini kami menyatakan sanggup menyelenggarakan pelayanan sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan serta siap menerima sanksi untuk setiap pengaduan yang tidak ditindaklanjuti sesuai peraturan perundangan.”

JAMINAN PELAYANAN

BKP Kelas I Semarang memberikan jaminan kepastian pelayanan setelah pengguna jasa memenuhi beberapa ketentuan yang dipersyaratkan di bidang perkarantinaan dan ketentuan persyaratan lainnya sesuai peraturan perundang-undangan. BKP Kelas I Semarang memberikan jaminan kepastian pelayanan terhadap pengguna jasa yang memenuhi ketentuan persyaratan :
1) Dilengkapi Sertifikat Kesehatan dari negara asal dan negara transit;
2) Melalui tempat-tempat pemasukan yang telah ditetapkan;
3) Dilaporkan dan diserahkan kepada petugas karantina ditempat-tempat pemasukan; dan
4) Memenuhi prosedur, waktu dan biaya yang ditetapkan.

BKP Kelas I Semarang memberikan pelayanan untuk :
1) Pelayanan Administrasi

Dokumen Penetapan pelayanan administrasi dokumen perhitungannya dimulai waktu penyerahan dokumen yang dipersyaratkan lengkap, dan absah serta diberikan
tanda bukti cap pengesahan dan tanda tangan verifikator pada form Permohonan Pemeriksaan Karantina KH-1 untuk Karantina Hewan dan SP-1 untuk Karantina Tumbuhan.
2) Pelayanan Teknis

KarantinaPenetapan pelayanan teknis karantina perhitungannya dimulai waktu sejak media pembawa diserahkan kepada petugas karantina untuk dilakukan pemeriksaan fisik, kesehatan dan laboratorium yang diperlukan serta diberikan tanda bukti cap pengesahan dan tanda tangan petugas karantina pada form pemeriksaan fisik dan hasil uji laboratorium yang dipersyaratkan pada form KH-2 (Surat Penugasan) untuk Karantina Hewan dan form DP-1 (Surat Penugasan) untuk Karantina Tumbuhan serta form Permohonan Pengujian Laboratorium (F/A/01).

JAMINAN KEAMANAN DAN KESELAMATAN PELAYANAN

BKP Kelas I Semarang menyediakan sarana prasarana yang memastikan pemberian jaminan keamanan dan keselamatan kepada pengguna jasa dengan suasana rasa aman, bebas dari bahaya dan risiko gangguan serta kenyamanan dalam beraktifitas dari pelayanan yang diperoleh . Balai Karantina Pertanian Kelas I Semarang menyediakan fasilitas untukkeamanan, kenyamanan dan keselamatan, antara lain :
1) Petugas keamanan;
2) Petugas pelayanan informasi (Customer service)

Sarana dan prasarana sebagai fasilitas keamanan, kenyamanan dan keselamatan antara lain:
1) Kontrol akses masuk dan keluar setiap individu;
2) Sarana peralatan dan obat P3K;
3) Ruang pelayanan yang bersih dan rapi;
4) Ruang informasi (Customer service);
5) Sarana parkir;
6) Pengaturan parkir.